Wednesday, July 18, 2007

ELECTRICAL : Grouping beban listrik di rumah anda !!!

Pernah anda alami, ketika anda sedang asyik menggunakan computer di lantai atas tiba-tiba listrik padam gara-gara ada setrika menyala / konsleting kabelnya di lantai bawah. Barangkali anda akan jengkel dengan kejadian ini. Mungkin juga kejadian ini hanyalah contoh saja. Tapi ada baiknya informasi ini berguna untuk anda. Atau barangkali anda saat ini sedang merancang atau akan membangun atau akan merenovasi rumah tinggal anda.
Perlu anda rancang juga sistem beban nantinya yang akan bekerja di rumah anda.
Pertama, berapa beban terpasang dari PLN di rumah anda? Sebagai contoh disini mengambil sample rumah anda terpasang daya 2200 watt. Berarti rumah anda mempunyai kapasitas maksimum pemakaian listrik secara bersamaan / beban puncak di rumah anda dibatasi sebesar 2200 watt.
Perlu diketahui beban terpasang 2200 watt dapat diketahui dari ukuran MCB ( Mini Circuit Breaker ) yang terpasang dimeteran dan di segel oleh pihak PLN bertuliskan CL10 yang artinya mcb ini mempunyai batas kemampuan untuk mengalirkan arus listrik sebesar 10 A X 220 V = 2200 Watt. MCB CL10 atau 10 Ampere akan bekerja normal ketika terbebani arus listrik di bawah 10 A / 2200 W. jika beban melebihi batas normal 10 A maka MCB otomatis akan memutuskan arus listrik dan berfungsi kembali jika beban listrik dikurangi kemudian baru saklar MCB digeser.
Beban berlebih dapat terjadi disebabkan bukan hanya karenapenggunaan alat listrik secara bersamaan tetapi dapat terjadi karena konsleting/hubungan arus pendek, ini juga yang dapat mengakibatkan beban berlebih.
Kenapa hubungan arus pendek dapat dikatakan beban berlebih ?
Tentu saja. Hubungan arus pendek / konsleting terjadi ketika tanpa sengaja kabel arus bersinggungan dengan kabel netral / nol dan tampa hambatan arus akan mengalir dengan deras / kuat menuju kabel netral dan jika kabel yang saling bersinggungan ini tidak kuat menahan beban karena konsleting tadi dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu pihak PLN telah memasang MCB di rumah anda juga berperan penting ketika terjadi hubungan arus pendek yang dengan segera mungkin akan memutus aliran listrik masuk ke rumah anda sehingga aman dari bahaya kebakaran.
Itu sebabnya setiap kali rumah baru akan memasang saluran listrik, dari pihak PLN akan selalu menanyakan berapa besar kebutuhan listrik di rumah anda sehingga hal ini yang akan menentukan besarnya Ampere MCB yang akan di pasang di meteran.
Untuk daya 450 Watt akan terpasang MCB ukuran CL2 atau 2 A
Untuk daya 900 Watt akan terpasang MCB ukuran CL4 atau 4 A
Untuk daya 1300 Watt akan terpasang MCB ukuran CL6 atau 6 A
Untuk daya 2200 Watt akan terpasang MCB ukuran CL10 atau 10 A
Untuk langkah Kedua , Pikirkan Design kebutuhan listrik di rumah anda.
Sebagai contoh rumah anda meliliki 2 lantai.kebutuhan listrik lantai atas dan bawah tentunya berbeda. Lantai bawah kebutuhan listrik untuk ruang dapur misalnya : majic jar,rice cooker,mixer. Di ruang makan tersedia kulkas, ruang tamu anda taruh televise, kipas angin. Juga kebutuhan air anda gunakan pompa air.
Berbeda pula untuk ruang di lantai atas, ruang tidur: TV, lampu tidur, ruang kerja terdapat computer, kamar madi dipasang water heater.
Ini sebagai contoh kecil saja yang dapat diasumsikan bahwa kebutuhan listrik di tiap lantai akan berbeda dan dalam hal ini kita mencoba untuk mengelompokkan / grouping menjadi 2 yaitu grup lantai atas dan grup lantai bawah.
Langkah Ketiga, tentukan kapasitas maksimum masing-masing grup.
Karena sejak awal akita menggunakan contoh beban terpasang maksimum dari PLN 2200 Watt atau !0 Ampere, maka sebaiknya dalam menentukan masing-masing MCB untuk gruping ukuran maksimumnya dibawah ukuran yang terpasang di meteran PLN. Hal ini dimaksudkan,design grouping kita akan bekerja dengan baik. Untuk MCB dibawah 10 A yang tersedia dipasaran adalah MCB ukuran 6 A.Berarti design gruping kita menggunakan 2 buah MCB 6 A. masing-masing untuk lantai atas dan bawah.
Atau dapat divariasikan lagi untuk penerangan di dalam rumah alangkah baiknya menggunakan MCB tersendiri dengan ukuran 6 A atau 4 A.

1 comment:

Anonymous said...

pak, apa dampaknya kalo daya 1300 watt kita pake sekring/mcb 10A? Terima kasih