Sunday, July 15, 2007

ELECTRONIC : Inverator bergunakah?

ELECTRONIC : Inverator bergunakah?
Kesal ? Tiap kali menyalakan TV meteran listrik di rumah anjlok/mati?
Hal ini biasa terjadi pada rumah yang memasang daya listrik di bawah 900 watt. Barangkali anda perlu mencoba alat ini. Banyak tersedia di toko-toko elektronik terdekat di kota Anda. Anda bisa menyebutnya INVERATOR.
Sebenarnya apakah fungsi inverator itu ? Alat ini diharapkan ketika Anda menyalakan TV, listrik tidak akan mati/anjlok lagi. Bagaimana alat ini bekerja ? Inverator menunda sesaat kebutuhan listrik pertama kali yang dikonsumsi oleh TV ketika dinyalakan. Ketika TV dinyalakan / ditekan power switchnya, seketika itu juga terjadi tarikan arus listrik yang besar mengisi kekosongan muatan listrik yang ada dalam kapasitor elektrolit ( elco ) tegangan tinggi yang terdapat di dalam TV setelah rangkaian penyearah / dioda. Arus listrik yang tersedot ketika melebihi dari beban listrik yang terpasang di meteran. Hal inilah yang mengakibatkan MCB yang terpasang di meteran putus / anjlok. Dengan inverator ini, aliran arus dialirkan perlahan seper sekian detik sehingga tidak terjadi tarikan arus yang besar untuk pertama kalinya.
Inverator jadi yang terdapat di pasaran dipasang diantara stop kontak dan kabel ac input pada TV. Inverator ini juga dapat anda buat sendiri atau anda pasang sendiri di dalam TV anda dengan cara,anda cukup membeli komponen elektronik berupa resistor / hambatan kisaran 15 ohm sampai dengan 20 ohm ukuran 20 watt. Wujud resistor ini berupa kotak putih kecil persegi panjang. Pasangkan pada salah satu jalur arus yang akan masuk ke dalam dioda brigde / dioda penyearah setelah switch power TV.
Atau dapat anda gunakan juga. NTC ( Negative Thermal Capasitansi ) berbentuk bulat kecil biasa berwarna hitam. Gunakan ukuran kisaran 10 – 40. Kerja komponen elektronik ini, ketika belum dilewati arus, komponen ini memiliki resistansi/hambatan maksimal sesuai ukuran pada NTC tersebut.
Ketika power switch ditekan, NTC akan mengalirkan arus dengan hambatan tertentu dan beberapa saat kemudian komponen ini akan meningkat suhunya sehingga resistensinya akan berubah mendekati nol. Jadi NTC ini dapat juga sebagai alternative pengganti resistor kotak tadi.
Mungkin ada manfaatnya. 




3 comments:

Anonymous said...

wah...saya tertaruk sekali.
saat ini saya sedang menjalani KKN di sebuah desa di yogyakarta.
proyek KKN saya adalah merancang sebuah mesin untuk menggiling pelepah salak.
spek mesin:
motor asinkron satu fase
1,22 HP, 3,39 A.

pas starting motor, arusnya gede sekali.
apakah inverator bisa digunakan untuk mengatasi masalah tadi??

mohon konfirmasi. trims

arw-soft said...

pake kapasitor nya ac aja bnyak dipasaran

arw-soft said...

pake capasitornya ac aja banyak dipasaran